Strategi dan Kebijakan

STRATEGI DAN KEBIJAKAN

Dalam rangka mencapai tujuan  visi dan misi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bone yang merupakan tindak lanjut dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Bone Tahun 2013- 2018,  maka dirumuskan strategi dan kebijakan sebagai berikut :

  1. Memantapkan koordinasi pelaksanaan kegiatan penanggulangan bencana secara terencana, terpadu dan menyeluruh.
  2. Meningkatkan koordinasi dgn BNPB Pusat dalam pelaksanaan kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi;
  3. Meningkatkan akses informasi penanggulangan bencana;
  4. Meningkatkan kemampuan sumber daya aparatur dalam penanggulangan bencana;
  5. Meningkatkan kualitas pelayanan SKPD;
  6. Meningkatkan kualitas lembaga/kelompok masyarakat/ relawan penanggulangan bencana;
  7. Meningkatkan kualitas pelayanan terhadap korban bencana;
  8. Memantapkan kerjasama yang bersinergik antara para Lembaga pemerintah yang terkait dalam penanggulangan bencana.

Dalam rangka pencapaian tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan maka kebijakan penanggungan bencana dirumuskan sebagai berikut :
A. Kebijakan Peningkatan kualitas aparatur, kualitas pelayanan, dan Informasi dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana.

Kebijakan ini dioerientasikan untuk mencapai sasaran dari misi 1 yaitu menyelenggarakan penanggulangan bencana secara terencana, terpadu, cepat dan tepat serta menyeluruh, dengan melaksanakan program dan kegiatan sebagai berikut :

  1. Program Penanggulangan Bencana yang terpadu dengan  kegiatan : 1) Penyusunan Rencana Penanggulangan Bencana
  2. Program Rahabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana dengan kegiatan : 1) Penyusunan rencana pekerjaan rehabilitasi dan rekonstruksi, 2) Identifikasi dan verifikasi kondisi kerusakan dan kerugian akibat bencana, 3) Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan.
  3. Program Peningkatan kualitas dan akses informasi penanggulangan bencana dengan Kegiatan : 1) Penyebarluasan Informasi Penanggulangan Bencana melalui brosur dan lain-lain, 2) Pemberdayaan Posko Siaga Bencana
  4. Program Pencegahan dan Kesiapsiagaan Penanggulangan bencana dengan kegiatan : 1) Pemantauan Daerah Rawan Bencana
  5. Program Diklat Aparatur Penyelenggara Penanggulangan Bencana dengan kegiatan : 1) Pendidikan dan Pelatihan Aparatur Dalam Bidang Kebencanaan
  6. Program Pelayanan Administrasi Perkantoran
  7. Program Peningkatan Sarana Dan Prasarana Aparatur
  8. Program Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur
  9. Program Peningkatan Pengembangan Sistem Pelaporan Capaian Kinerja dan Keuangan


B. Kebijakan Pemberdayaan masyarakat dalam Penyelenggaraan penanggulangan bencana
Kebijakan ini untuk mencapai sasaran dari misi 2 yaitu Meningkatkan   dan   Menggalang  kemitraan   dengan  masyarakat  dalam Penyelenggaraan penanggulangan bencana, dengan melaksanakan program dan kegiatan sebagai berikut :

  1. Program Peningkatan peran serta dan kapasitas masyarakat dalam Penanggulangan Bencana dengan kegiatan : 1) Pembentukan kelompok masyarakat/ relawan penanggulangan bencana, 2) Penyuluhan dan  pelatihan  masyarakat  dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana.

C. Optimalisasi pelayanan korban bencana
Kebijakan ini untuk mencapai sasaran dari misi 3 yaitu Memenuhi hak masyarakat yang terkena bencana secara adil, dengan melaksanakan program dan kegiatan sebagai berikut :

  1. Program Kedaruratan dan logistik Penanggulangan bencana dengan kegiatan :  1) Peninjauan dan penanganan korban di lokasi bencana, 2) Penyiapan  dan  penyaluran  kebutuhan  dasar  terhadap korban bencana

D. Penataan kelembagaan dan ketatatlaksanaan pemerintahan
Kebijakan ini untuk mencapai sasaran dari misi 4 yaitu Meningkatkan  kerjasama   antara    lembaga   dalam   menyelenggarakan penanggulangan   bencana, dengan melaksanakan program dan kegiatan sebagai berikut :

  1. Program Penguatan kapasitas kelembagaan Penanggulangan bencana dengan Kegiatan : 1) Rapat Koordinasi Penyelenggaraan penanggulangan bencana, 2) Penyusunan PROTAP penanggulangan bencana, 3) Kerjasama kelembagaan bidang penanggulangan bencana

Rencana Program dan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bone untuk lima tahun ke depan sebagaimana telah diuraikan diatas, akan disesuaikan dengan kondisi, arah dan kebijakan anggaran, sehingga bisa saja mengalami perubahan sesuai dengan kebutuhan pada tahun anggaran berjalan.  

Templates Joomla 1.5