BPBD Salurkan Bantuan

244

Bencana banjir yang terjadi awal bulan ini mengakibatkan sedikitnya 4 Kecamatan di wilayah Bone Utara terendam air, yakini Kec. Ajangale, Dua Boccoe, Tellu Siatting’e dan Cenrana. Dari banjir ini ribuan rumah warga dan yang terdampak, tidak ada korban jiwa dalam banjir ini, namun kerugian ditaksir milyaran rupiah.

Menurut H. Bahar Kadir,SH,MH Kepala BPBD Bone menyampaikan pihaknya telah menyalurkan bantuan logistik di Kecamatan Cenrana (9/7) dan sebelumnya telah menyalurkan bantuan di Kecamatan Ajangale. Meskipun bantuan ini belum dapat memenuhi kebutuhan korban namun inilah sebatas kemampuan kami, diharapkan korban dapat bersabar semoga ada hikmahnya dibalik semua ini, demikian H. Bahar Kadir.Ilham, S.Sos Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Bone menambahkan bahwa banjir yang terjadi ini diakibatkan hujan dengan intensitas tinggi ditambah dengan meluapnya Sungai walanae yang merupakan air kiriman dari Danau Tempe Kabupaten Wajo. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ( BMKG ) Makassar lanjutnya, awal Agustus nanti Bone memasuki musim kemarau. Untuk itu dihimbau segenap masyarakat agar tetap waspada karena bencana dapat terjadi kapan dan dimana saja tanpa melihat musim apapun.

Dari 4 Kecamatan yang terendam sedikitnya 21 Desa/ Kelurahan terdampak yakni, Desa Welado, Kel. Pompanua dan Pompanua Riattang (Kec. Ajangale); Desa Pakkasalo, Tawaroe, Uloe, Solo, Matajang, Pattiro, To Cina, Ujung, Padangcenga, Melle, Kampoti dan Kel. Unyi (Kec. Dua Boccoe); Desa Lea dan Sijelling (Kec. Tellu Siatitnge); Desa Nagauleng, LebongE, Watu dan Kel. Cenrana ( Kecamatan Cenrana ).