Personel TRC BPBD Kabupaten Bone Uji Coba Porta Bote di Pelabuhan Bajoe

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bone, tahun ini memperoleh bantuan dua unit perahu fiber lipat (Porta-Bote) dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Guna mengetahui kapasitas Porta Bote dan sistem kerja penyelamatan, personil BPBD Bone melakukan uji coba terhadap perahu tersebut, di perairan Teluk Bone (Pelabuhan Bajoe), Kecamatan Tanete Riattang Timur, Kabupaten Bone, Selasa, 31 Juli 2018.

Kepala Pelaksana BPBD Bone, H. Bahar Kadir,S.H.,M.H. melalui Kepala Seksi Pengurangan Risiko dan Pemberdayaan Masyarakat, Muhammad Nur Fajar, mengatakan bantuan yang diserahkan BNPB tersebut sangat membantu kinerja BPBD Bone.

Dijelaskannya, bahwa Porta Bote atau perahu fiber lipat yang yang merupakan bantuan dari Badan Nasional Penangulangan Bencana (BNPB) itu berukuran empat dan tiga meter dan berkapasitas maksimal 7 orang.

“Kapasitas perahu fiber ini maksimal 4 orang rescue dan 3 orang korban,” ungkap Muhammad Nur Fajar . Dengan adanya bentuan perahu tersebut, lanjut Dia, kini BPBD Bone memiliki total 6 perahu yang terdiri dari 2 perahu karet dan 2 perahu fiber dan 2 Porta Bote.