Wahdah Peduli Gelar Pelatihan Tanggap Darurat Bersama BPBD Bone

320

Wahdah Peduli menggelar pelatihan tanggap bencana bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bone.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 40 peserta dibuka langsung Wakili Bupati Bone Drs.H.Ambo Dalle,M.M., Sabtu 30 Maret 2019.

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Bone Misriaty Kadir,S.P.,M.Si. mengatakan, tujuan dari kegiatan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan peserta untuk melakukan perencanaan tanggap darurat.

Lanjutnya, bahwa koordinasi dan penanganan yang cepat, tepat, efektif, efisien, terpadu, dan akuntabel diperlukan dalam penanggulangan bencana agar dampak yang ditimbulkan dapat diminimalisir.

Sementara itu, pihak Wahdah Peduli menjelaskan, penanganan bencana dan mempersiapkan tim yang solid patut ditingkatkan. Dan selama ini Wahdah sudah terlibat dalam beberapa aksi penanganan bencana.

Wahdah Peduli menyampaikan, bahwa kepekaan kita sebagai seorang muslim harus terus diasah khususnya dalam masalah kebencanaan, bukan hanya menjadi penonton ketika bencana datang.

Dalam penanggulangan bencana, khususnya dalam fase tanggap darurat harus dilakukan secara cepat, tepat, dan dikoordinasikan dalam satu komando karena itu dibutuhkan sinergitas.

Kegagapan dalam penanganan dan ketidakjelasan informasi dalam kondisi darurat bencana dapat menghambat dalam penanganan kondisi darurat bencana.

Situasi dan kondisi seperti ini disebabkan oleh belum terciptanya mekanisme kerja Tanggap Darurat yang baik. Keberadaan sistem yang baik akan memudahkan akses yang ada.

Jadi inti kegiatan ini adalah untuk mempersiapkan para relawan muslimah wahdah peduli yang cepat tanggap dalam menanggulangi berbagai bencana khususnya ketika turun di lapangan.

Sementara itu, Wakil Bupati Bone dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan dan kerja sama ini, kami dari Pemda Bone mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya pelatihan ini.

” apalagi Indonesia ini rawan bencana, dibutuhkan jiwa-jiwa kepedulian terhadap sesama harus di tingkatkan” tuturnya.

Tambahnya, kegiatan yang dilaksanakan hari ini Insya Allah akan sangat sangat membantu bila suatu saat terjadi bencana yang kerap terjadi diluar perhitungan kita sebagai manusia.

Selama kegiatan, para peserta dibekali berbagai materi seputar kebencanaan di antaranya : eksistensi wahdah peduli sebagai lembaga tanggap darurat bencana, jurnalistik kebencanaan, dan etika relawan.

Wakil Bupati berharap kepada peserta pelatihan senantiasa tetap menjaga keselamatan dengan mengikuti prosedur yang telah ditetapkan.

Hadir dalam kegiatan ini, General Manejer ASDP Cabang Bajoe,
Kepala Pos Pencarian Pertolongan Kabupaten Bone dan tamu undangan lainnya.