BPBD BONE: Cara Tangguh Menghadapi Bencana Banjir

473

Beberapa hari ini cuaca agak ekstrem sehingga di beberapa daerah terjadi banjir. BMKG telah merilis prakiraan cuaca dimana sulawesi selatan termasuk wilayah yang berpotensi menghadapi cuaca ekstrim.

Untuk wilayah Bone sendiri beberapa desa di kecamatan seperti Ajangale, Dua Boccoe serta Cenrana adalah daerah tepian sungai yang merupakan daerah rawan banjir.

Video ini bisa menjadi rujukan apabila tiba-tiba terjadi banjir. Di samping itu kami mengimbau kepada seluruh masyarakat Bone untuk menyiapkan diri menghadapi cuaca ekstrem dan potensi banjir dengan menyiapkan beberapa hal berikut ini:

1.Sediakan tas siaga banjir yang berisi keperluan-keperluan penting seperti: uang, baju, air minum, kebutuhan makanan selama sepekan, senter dan surat surat surat berharga (ijazah, akte tanah dll)

2. Siapkan obat-obatan yang dibutuhkan, baik obat pribadi maupun obat-obatan umum seperti obat diare, pilek, flu, dan obat batuk.

3. Amankan barang barang elektronik, seperti kulkas, mesin cuci, televisi ke posisi yang lebih tinggi dan tidak terjangkau air.

4. Periksa arus listrik atau padamkan untuk menghindari korsleting apabila terjadi banjir.

5. Selalu jaga kelancaran sungai, drainase, selokan di sekitar kita, perhatikan juga kondisi pepohonan di sekitar kita apabila dikawatirkan akan tumbang segera laporkan ke RT/RW setempat untuk diteruskan kepada kami

6. Segera menghubungi nomor nomor di bawah ini apabila terjadi bencana banjir
#emergencyCentre (0481)2122222
#Sdr.Bunyamin (Kasi Tanggap Bencana BPBD Bone) +6281342517885

Demikian kami sampaikan sebagai informasi. Jaga diri kita, keluarga dan lingkungan kita dari ancaman banjir.

#SalamTangguh
#BPBDBone
#videoSource:Youtube